Penyebab Pertengkaran Jelang Pernikahan

Bertengkar dengan pasangan jelang pernikahan? Kenali penyebabnya!

Anda dan pasangan tentu sudah tak sabar menantikan hari pernikahan bahkan sejak lama. Namun tak jarang pula dalam perjalanan mempersiapkan pernikahan, terjadi banyak perdebatan dan pertengkaran. Mari kenali apa saja penyebab pertengkaran jelang pernikahan,

#1 Perbedaan pendapat

Menurut psikolog Anna Surti Ariani dilansir dari wolipop, berbeda pendapat sebelum pernikahan adalah hal yang wajar. Masalah ini juga dapat dihindari sejak awal hubungan sebelum rencana persiapan pernikahan.

Perbedaan pendapat terjadi karena perbedaan dalam memilih konsep, vendor pernikahan, dan lainnya.

#2 Berbeda persepsi dengan orang tua

Meski Anda dan pasangan sudah sama-sama dewasa, dan dapat mengurus segala persiapan pernikahan berdua, tetapi campur tangan orangtua pasti tetap ada. Semakin banyak pihak yang terlibat maka semakin banyak perbedaan persepsi yang memicu pertengkaran.

Selama argumen masih batas wajar dan dapat ditolerir, jangan gegabah dalam mengambil ambil keputusan, ya.

#3 Perbedaan adat pernikahan

Perbedaan adat dan tradisi keluarga adalah salah satu penyebab pertengkaran jelang pesta pernikahan yang paling sering diahadapi.

Dr. Patrick Gannon, psikolog menjelaskan jika hal sensitif ini diatasi dengan tenang dan berdiskusi, maka Anda akan mendapatkan kesempatan untuk lebih mengenal dengan baik pribadi calon pasangan. Anda dapat mengetahui apa saja yang menjadi tradisinya, begitu juga sebaliknya.

#4 Mempermasalahkan budgeting

Biaya pernikahan juga bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak pasangan, terutama jika kedua belah pihak sama-sama mengeluarkan uang.

Bicarakan hal ini baik-baik dengan pasangan, Apabila pasangan Anda menginginkan biaya lebih untuk gaun, sementara Anda memiliki impian yang lain juga perlu didiskusikan bersama secara bijaksana mengenai alokasi biaya.

Jangan sampai memaksakan apabila biaya yang dimiliki terbatas agar menghindari berhutang yang malah membebankan salah satu pihak.

#5 Masa lalu Anda dan pasangan

Mengundang mantan rasanya dilematis, ya. Ingin dibicarakan namun khawatir membuat suasana menjadi kacau. Tips untuk mengatasinya adalah mengetahui bagaimana karakter pasangan Anda.

Apabila Ia termasuk tipe yang cemburu, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mengundang mantan di pesta pernikahan nanti agar tidak menimbulkan konflik baru di kemudian.

Sumber:

https://wolipop.detik.com/love/d-3318477/sering-bertengkar-sebelum-menikah-bukan-berarti-tak-cocok-ini-kata-psikolog
https://lifestyle.kompas.com/read/2010/04/27/12351566/Mau.Menikah.Kok.Malah.Berantem